Belajar - jadi - orangtua - bijaksana

Posted by Suyatno Senin, 23 April 2012 0 komentar
Kendalikan Amarah

Bagaimana cara menghindari agar kita sebagai orang tua bijaksana, tidak suka memarahi, membentak dan mengeluarkan kata-kata kasar kepada anak kita ?
Anak-anak kita sering melakukan hal-hal yang kita larang. Semakin dilarang semakin ditentang. Kita jadi jengkel, dongkol dan membentak-bentak si buah hati.

Ada cara untuk menghentikannya : saat kita sudah mau marah/membentak bahkan hendak menjewer dsb pikirkan (bayangkan) bila hal yang dilakukan anak kita tidak bisa ia lakukan.

Misalnya : anak balita kita mencoret-coret tembok rumah untuk latihan menggambar. Sebelum memerahinya coba pikirkan kalau anak kita tidak bisa (mampu) mencoret-coret tembok. Tentu kita harus bersyukur karena anak kita masih bisa itu. Begitu pula jika ia memberantakkan mainan, mengutak-atik laptop, atau juga memakai alat-alat yang ada di rumah untuk "sekedar menuangkan imajinasinya". Itu masih jauh lebih baik daripada anak kita tidak "bisa/mau apa-apa".

Dengan demikian mudah-mudahan amarah kita segera reda, tinggal kita mengarahkan aktivitas anak-anak kita pelan-pelan pada kegiatan serupa yang kita kehendaki. Semoga.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Belajar - jadi - orangtua - bijaksana
Ditulis oleh Suyatno
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://disuyatno.blogspot.com/2012/04/belajar-jadi-orangtua-bijaksana.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of BINTANG PANJER WENGI. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.